LAMPUNG7COM | DPP Apklindo (Dewan Pengurus Provinsi Asosiasi Perusahaan Klining Servis) Lampung menyelenggarakan kegiatan Uji Kompetensi/Sertifikasi Tenaga Kerja Klining Servis di Villa Dangau Kedaung, Bandar Lampung pada 1-2 Juli 2022.

Menurut Ketua DPP Apklindo Lampung (Ahmad Apriliandi Passa) mengatakan “uji kompetensi atau sertifikasi ini diikuti 60 orang tenaga kerja Klining service yang mengikuti uji kompetensi Tingkat Kliner Junior dan 2 orang pengawas Klining Servis untuk Uji Kompetensi Posisi Kordinator sebagai kelanjutan dari Sertifikasi Supervisor.”

Sambungnya lagi “Hingga saat ini telah tercatat sekitar 300 tenaga kerja klining servis di Lampung yang telah mengikuti sertifikasi Klining servis tingkat Junior sejak 2020 sampai dengan saat ini.

“Bertindak sebagai penguji dan yang mengeluarkan sertifikat ini dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Klining Servis dan terintegrasi dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).”

Manfaat dari sertifikasi ini dapat meningkat profesionalisme tenaga kerja klining servis dan meningkatkan daya saing dari perusahaan lokal di Lampung sehingga tenaga kerjanya kompeten (telah tersertifikasi) yang di milikinya dapat dimasukkan ke data base e-katalog lokal klining servis LKPP sehingga dapat bersaing mendapatkan pekerjaan di pemerintahan se-Lampung dan penyedia pekerjaan swasta lainnya.

Perwakilan dari Assesor LSP Klining Service – BNSP Irwan menyampaikan bahwa uji kompetensi ini adalah ujian kemampuan bekerja dari klining servis agar bekerja lebih baik dan kompeten serta memiliki karir yang baik di waktu mendatang.

Harapan dari Ketua DPP Apklindo Lampung berharap “insan tenaga kerja klining servis di Lampung dapat meningkat kemampuan dan kompetensinya dan perusahaan klining servis lokal dapat kompetitif bersaing mengisi permintaan dari pasar klining servis di lingkup pemerintahan Provinsi Lampung yang semakin terbuka, pungkasnya. | red

Tulis Komentar Anda