LAMPUNG7COM | Kecamatan Bakauheni menjadi kecamatan terakhir dalam gelaran acara Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan (Musrebangcam) pada tahun 2022.

Setelah sebelumnya dilaksanakan dienam belas Kecamatan, Musrenbang Kecamatan Kalianda menjadi yang pertama pada tanggal 31 Januari 2022 lalu. Bupati Lampung Selatan juga membuka secara langsung rangkaian kegiatan Musrenbang Kecamatan Bakauheni yang dilaksanakan di desa Hatta, Jumat (18/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, pelaksanaan kegiatan musrebangcam pada 17 kecamatan, diharapkan menghasilkan sebuah perencanaan pembangunan melalui program-program yang berkualitas untuk tahun 2023 mendatang.

“Kurang lebih dua minggu ini kita telah melaksanakan Musrenbangcam di beberapa kecamatan. Artinya sudah banyak usulan dari masyarakat yang masuk untuk perencanaan pembangunan di tahun 2023,” jelas Nanang.

Nanang juga mengungkapkan, rangkaian acara Musrenbangcam tahun 2022 pada tiap-tiap kecamatan diisi dengan beberapa rangkaian acara yang meliputi paparan dari camat setempat, kemudian arahan dari bupati dan dilanjutkan dengan pengukuhan Bunda PAUD dan Bunda Literasi pada tingkat desa serta diadakan pula kegiatan pembinaan kepada aparatur desa.

Tak hanya itu, serba serbi kegiatan Musrenbangcam juga diwarnai dengan berbagai pelayanan bagi masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelayanan dokumen kependudukan, pasar murah, pameran produk kewirausahaan dan UMKM, pelayanan kesehatan hewan dan masih banyak lainnya.

Dari berbagai pelayanan masyarakat yang tersedia, terlihat stand yang paling ditunggu masyarakat adalah Operasi Pasar Minyak Goreng yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten Lampung Selatan.

Pasalnya, masyarakat mengeluhkan kelangkaan minyak goreng yang sudah terjadi beberapa waktu lalu. Selain ketersedian minyak goreng yang susah dicari sudah pasti diiringi dengan harganya yang naik pesat.

Mengatasi kesulitan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Intji Indriati menggelar Operasi Pasar Minyak Goreng pada acara musrebangcam tahun 2022 untuk menyediakan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

“Operasi Pasar Minyak Goreng pada acara musrebangcam menyediakan 500 liter minyak dengan kemasan 1 liter untuk masyarakat dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Intji Indriati menambahkan, tugas dan fungsi Pemerintah, salah satunya adalah mengendalikan dan mengontrol harga pasar atau harga bahan pokok.

“Tugas pemerintah khususnya Disdagprin salah satunya mengendalikan dan mengontrol harga pasar atau harga bahan pokok sehingga bisa membantu masyarakat,” tambahnya.

Dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat Operasi Pasar Minyak Goreng Disdagprin dalam gelaran acara musrenbangcam 2022 berlangsung secara antri dan kondusif serta ketersedian minyak goreng pun habis dalam waktu singkat. | red

Tulis Komentar Anda