LAMPUNG7COM | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, Rabu (6/4/2022).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, prakiraan cuaca wilayah Jawa diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan di wilayah Semarang dan Yogyakarta.

Surabaya, Jakarta dan Serang diprakirakan berawan, serta Bandung mengalami hujan disertai dengan petir.

Untuk di wilayah Sumatera umumnya terjadi hujan disertai dengan petir.

Wilayah Padang dan Tanjungpinang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Di wilayah Palembang dan Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan, lalu Medan diprakirakan berawan.

Kalimantan diperkirakan terjadi hujan disertai petir pada wilayah Pontianak, Tanjung Selor dan Samarinda.

Sementara Palangka Raya diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan serta Banjarmasin diprakirakan berawan.

Selanjutnya, situasi cuaca di wilayah Sulawesi diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat pada wilayah Gorontalo.

Palu dan Manado diprakirakan hujan dengan intensitas ringan serta untuk wilayah Kendari dan Makassar diperkirakan Berawan.

Situasi cuaca di Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Mataram, dan wilayah Denpasar berawan.

Wilayah Indonesia Bagian Timur

Selain itu, wilayah Indonesia bagian timur diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas ringan pada wilayah Ambon dan Ternate, serta wilayah Jayapura diprakirakan berawan.

Sebagai informasi, terdapat bibit siklon tropis 94W terdeteksi di perairan Timur Filipina yang membentuk daerah konvergensi dari Samudra Pasifik Timur, Filipina bagian timur.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan Utara Kalimantan dan di Samudera Hindia Barat Daya Banten yang membentuk daerah konvergensi di sebelah utara Kalimantan dan Samudera Hindia Barat Daya Banten hingga Papua.

Kondisi ini mengakibatkan pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

[sumber]

Tulis Komentar Anda