Doa Puasa Ramadhan Hari Ke-16:

اللهم ارزقني ان ارتبط بالصالحين

Allahuma arzuqni an artabat bialsaalihin

“Ya Allah, Anugerahilah Aku agar Bisa Bergaul dengan Orang-Orang Baik”

Doa di Bulan Ramadhan — Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan berkah Allah Subhanahu WaTa’ala.

Ramadhan adalah Bulan Suci yang selalu dinantikan umat Islam seluruh dunia.

Di dalam Ramadhan terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah kepada hamba-Nya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, serta ibadah-ibadah lainnya.

Itulah mengapa Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu WaTa’ala.

Bulan Ramadhan menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Maka berdoalah.

Dilansir Dakwah SeRu dari Buku Kumpulan Doa Ramadhan, berikut doa yang dapat dipanjatkan selama pada puasa Ramadhan hari ke 16.

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-16

اَللَّهُمَّ وَفِّقْنِيْ فِيْهِ لِمُوَافَقَةِ الْأَبْرَارِ وَ جَنِّبْنِيْ فِيْهِ مُرَافَقَةَ الْأَشْرَارِ وَ آوِنِيْ فِيْهِ بِرَحْمَتِكَ إِلَى (فِيْ ) دَارِ الْقَرَارِ بِإِلَهِيَّتِكَ يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ

Allâhumma waffiqnî fîhi limuwâfaqatil abrâr wa jannibnî fîhi murafaqatal asyrâr wa âwinî fîhi birahmatika ilâ dâril qarâri bîlâhiyyatika yâ ilâhal ‘âlamîn

“Ya Allah, anugerahilah kepadaku di bulan ini agar supaya bisa bergaul dengan orang-orang baik, dan jauhkanlah aku dari bergaul dengan orang-orang jahat. Berilah aku perlindungan di bulan ini dengan rahmat-Mu sampai ke alam Akhirat. Demi keesaan-Mu wahai Tuhan semesta Alam.”

Doa adalah salah satu cara untuk berkomunikasi yang baik dengan Sang Maha Pencipta.

Melalui doa kita dapat mengutarakan isi hati, mengungkapkan rasa syukur atas kuasa Allah Subhanahu WaTa’ala yang begitu luar biasa.

Kita juga akan mendapatkan kedamaian hidup dengan cara berdoa.

Doa menjadi bagian penting dalam setiap usaha yang dilakukan manusia.

Dengan memanjatkan doa berarti mengetahui bahwa Allah Subhanahu WaTa’ala yang menentukan segala usahanya.

Selain itu tujuan berdoa yaitu untuk meningkatkan kedekatan diri kita kepada Allah Subhanahu WaTa’ala juga untuk memperbaiki diri.

Doa memiliki manfaat yang begitu besar dalam kehidupan kita.

Dengan berdoa, kita akan mendapatkan kedamaian hidup, semangat hidup, dan dapat mengendalikan emosi.

Doa juga menjadi penyejuk jiwa saat menghadapi musibah. Doa adalah penyempurna ikhtiar kita dalam beribadah.

Semoga lafal doa yang dibacakan tadi bisa menjadi penyempurna ikhtiar kita menyambut dan memuliakan bulan suci Ramadhan sehingga bisa maksimal dalam menjalankan ibadah puasa dan lainnya selama satu bulan penuh.

Manfaat Hari Ke 16:

Bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat, keberkahan, keutamaan dan berbagai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Keberkahan pertama, adalah bahwa puasa Ramadhan merupakan penyebab terampuninya dosa-dosa dan terhapusnya berbagai kesalahan. Keberkahan kedua, pada bulan ini terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar.

Namun, ada beberapa keutamaan ketika umatnya melaksanakan Puasa Ramadhan dari hari ke-1 hingga hari ke-30. Diambil dari Kitab shahih yang telah di “Tahqiq”, yaitu kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah yang di tulis oleh Syeikh Muhammad bin Ali bin Husein bin Musa bin Babawayh Al-Qumi mengatakan bahwa:

Hari ke-16:

Allah SWT akan memberikan kita pada hari kita nanti dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kita pakai, enam puluh onta untuk kita kendarai, dan Allah Subhanahu WaTa’ala akan mengirimkan awan untuk menaungi kita dari sengatan panas pada hari itu.

Semoga Bermanfaat. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Tulis Komentar Anda