Isu Pemanasan Global, Perubahan iklim, dan Penurunan Kualitas Lingkungan, Dinas LH Gelar Gerakan Peduli

Kota Metro Lampung Lingkungan Hidup Pelayanan Publik Pemerintahan

LAMPUNG7COM | Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Metro menggelar kegiatan gerakan peduli lingkungan hidup di kampung Pengangguran Yosodadi Metro Timur Kota Metro, Selasa (14/12/2021).

Hadir kepala Dinas Lingkungan Hidup, asisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan, ketua TP PKK Kota Metro, OPD Kota Metro, Camat Metro Timur serta Lurah Yosodadi.

Dalam sambutannya Kepala Dinas lingkungan hidup Kota Metro Irianto Marhasan mengatakan kegiatan tersebut dikemas dalam berbagai bentuk antara lain penanaman pohon penghijauan, penyerahan piagam Adiwiyata, sekolah berwawasan dan berbudaya lingkungan tahun 2021.

“Penyerahan piagam diberikan kepada kampung pengangguran karena telah melakukan kegiatan adaptasi, mitigasi, dan perubahan iklim yang sesuai dengan program. Dimana giat ini merupakan program kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia, yang di lanjutkan dengan penandatanganan bersama dari berbagai komunitas tentang komitmen peduli lingkungan hidup di Kota Metro,” ucap Irianto.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari wali Kota Metro yang di wakili asisten 2 bidang perekonomian dan pembangunan sekda Kota Metro Yeri Ikhwan menurutnya diketahui bahwa isu-isu lingkungan hidup seperti pemanasan global, perubahan iklim, penurunan kualitas lingkungan dan sebagainya dari hari ke hari menjadi kian merebak.

“Itu menuntut kepedulian kita bersama, pemanasan global tidaklah lagi menjadi berita yang hanya kita simak di media massa dan di Media elektronik tetapi sudah menyentuh dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan permasalahan pemanasan global ini telah hadir ditengah-tengah lingkungan kita, Hal ini dapat secara langsung kita rasakan bahwa suhu harian rata-rata saat ini jauh lebih panas dibandingkan kondisi 10 ataupun 20 tahun yang lalu,” ujar Yeri.

Lebih lanjut, Yeri berharap penanaman pohon di Kota Metro dapat berkelanjutan dan harus diikuti dengan langkah-langkah pemeliharaan yang berkesinambungan.

“Selain itu perlu dilakukan pada lokasi-lokasi lain, begitupun komitmen peduli lingkungan yang tertuang dalam nota kesepahaman, hendaklah dapat diimplementasikan sungguh-sungguh dalam bentuk nyata walaupun dengan cara-cara yang sederhana. Kegiatan ini dapat kita lakukan secara individual namun berdampak besar dalam menjaga kelestarian lingkungan,” pungkas Yeri. | Aliando.

Komentar Anda