LAMPUNG7COM | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung bekerjasama dengan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyelenggarakan kegiatan “Serambi Rupiah Ramadhan 2022 & Sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan ORIS” di Kapal Penyeberangan Eksekutif “Sebuku” yang bertolak dari pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak pada Selasa, 19 April 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kas keliling yang melayani Penukaran Uang Pecahan Kecil kepada Masyarakat untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

Hal ini sejalan dengan fungsi dan peran Bank Indonesia yakni menjaga dan memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat” ungkapnya Kegiatan serupa sebelumnya pernah d selenggarakan pada tahun 2019, namun d hentikan pada masa pendemi COVID-19 pada tahun 2020 dan 2021, dan kini kembali ckselenggarakan pada tahun 2022 pada 19 April 2022.

Selam bekerjasama dengan PT ASOP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Layanan Penukaran Uang Pecahan Kecil Kepada Masyarakat ini juga tidak terlepas dari peran dan sinergi Bank Indonesia Gengan perbankan di Provinsi Lampung yakni Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Bank Negara Indonesia, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Lampung di loket pintu kedatangan terminal penumpang reguler Pelabuhan Bakauheni.

Bank Indonesia juga melakukan berbagai inovasi digitalisasi terkait tugasnya dalam penyelenggaraan Sistem Pembayaran, salah satunya adalah dengan mendorong perluasan penggunaan teknologi Gukk Response Code Indonesian Standard (ORIS) sebagai kanal pembayaran. Untuk tahun 2022, secara nasional ditargetkan sebanyak 15 juta pengguna baru ORIS.

Pada kesempatan yang sama, selain dilakukan kegiatan penukaran uang rupiah pecahan kecil, Juga dilakukan sosialisasi terkait CBP Rupiah dan ORIS kepada penumpang kapal. “Kegiatan wu sekaligus dapat menjadi wadah edukasi kepada masyarakat terkait Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah dan mendorong penggunaan ORIS di kalangan masyarakat” tambah Budyono dalam sambutannya.

Kegiatan layanan dan sosialisasi tersebut diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan uang rupiah dengan kualitas yang baik, pecahan yang sesuai, dan nominal yang cukup juga sekahgus menambah pemahaman masyarakat terkait alat pembayaran yang sah di Indonesia yakni Rupiah yang harus dikenali, dirawat, dan dijaga serta semakin memperluas pemahaman masyarakat mengenai ORIS.

Suharto, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry juga menyampaikan bahwa PT ASDP Indonesia Ferry pun terus melakukan inovasi, salah satunya dalam bentuk aplikasi Ferizy, sebagai wujud nyata program digitalisasi ASDP yang mengubah culture pengguna jasa penyeberangan transportasi laut Sebagai aplikasi resmi, Ferizy bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memesan tiket berjadwal dimanapun dan kapanpun, mendapatkan informasi terkait layanan

pelanggan, fasilitas pelabuhan maupun kapal, serta persyaratan penyeberangan dan lam sebagainya Ferizy pun telah mengintegrasikan berbagai pilihan kanal pembayaran digrtal, termasuk ORIS. Hal ini sangat sejalan dengan program digitalisasi sistem pembayaran dari Bank Indonesia.

Kegiatan Serambi Rupiah Ramadhan 2022 ini d harapkan dapat meryadi wujud kolaborasi antar lembaga, dalam hal ini Bank Indonesia, PT ASDP Indonesia Ferry, dan perbankan untuk bersinergi dalam upaya pernulihan ekonomi daerah serta dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. | red

Tulis Komentar Anda