LAMPUNG7COM | Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.IK memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2022 yang berlangsung di halaman apel mapolres setempat. Jumat (22/4/22).

Polres Pringsewu melaksanakan gelar pasukan dimaksudkan untuk menyiapkan kekuatan personil, logistik dan sarana operasi lainya untuk mendukung kelancaran mobilisasi masyarakat dalam perayaan idhul fitri.

Gelar pasukan tidak hanya diikuti unsur kepolisian, tetapi juga melibatkan TNI, Dishub, Satpol-PP, BPBD, Dinkes, Senkom dan pramuka.

Pada Operasi Ketupat tahun ini, akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 28 april hingga 9 mei 2022. Dan Polres Pringsewu melibatkan 103 personil gabungan yang akan ditempatkan di dua pos pengamanan dan pelayanan.

Kapolri melalui sambutannya yang dibacakan oleh Kapolres Pringsewu menegaskan, bahwa pandemi belum sepenuhnya selesai, maka dari itu polri akan menerapkan 8 strategi selama operasi yakni:

1. Melakukan himbauan dan pengawasan disiplin prokes
2. Pengelola tempat wisata dan perbelanjaan untuk memastikan aplikasi PeduliLindungi dan mengarahkan pengunjung yang belum vaksin untuk melakukan vaksin digerai vaksin terdekat
3. Penjagaan dan pengamanan ibadah sholat idul fitri di masjid dan lapangan
4. Mengawasi terpenuhinya persyaratan mudik pada berbagai moda transportasi
5. Melakukan testing, tarcing dan treatment terhadap kasus covid-19 yang terkonfirmasi bersama satgas dan pemda
6. Melakukan random tes swab kepada pelaku perjalanan
7. melakukan percepatan vaksinasi
8. menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas

Sementara itu Kabag Ops Kompol Martono saat ditemui usai apel mengatakan, dalam operasi ketupat 2022, pihaknya menyiapkan dua pos pengaman dan pelayanan. Pos pelayanan didirikan di komplek Rest Area Pringsewu sementara pos pengamanan dikomplek Pendopo Kabupaten Pringsewu.

Kedua pos tersebut, akan diisi personil gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI, Dishub, Satpol-PP, Dinkes, BPBD, Senkom dan Pramuka, dan akan dipimpin oleh seorang Kepala Pos (Kapos) yang berpangkat perwira.

Sementara itu terkait penanganan kemacetan, Polres Pringsewu telah membentuk satgas urai yang berisikan personil satuan lalu lintas dan sat samapta, dan nantinya akan ditempatkan di lokasi lokasi rawan macet mulai dari Simpang terminal hingga Jembatan Way Bulok.

Kemudian terkait ancaman kriminalitas, Polres Pringsewu siap menerjunkan tim Satgas Anti begal yang beranggotkan personil Reskrim tingkat Polres hingga polsek jajaran untuk melakukan patroli dilokasi rawan kriminalitas.

“Harapan kami semua upaya-upaya yang telah dipersiapkan bisa maksimal dalam memberikan kemanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan idhul fitri nanti.”tandasnya. | Asep

Tulis Komentar Anda