KKN IPB di Bandar Lampung Fokus ke Dampak Covid-19

Agrotani Bandar Lampung Covid-19 Kesehatan Organisasi Pendidikan Seni Budaya Sosial

LAMPUNG7COM | Kegiatan Mahasiswa  Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung  tahun 2021 ini, fokus mengenai dampak dari Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat. (3/8)

Ketua Kelompok Mahasiswa KKN IPB Kota Bandar Lampung 01, Fauzan Ismail mengatakan selama KKN ini, kelompoknya fokus pada pemberdayaan masyarakat perkotaan berbasis pertanian dan bisnis berkelanjutan dalam menghadapi dampak Covid 19 di Kelurahan Sumurputri Telukbetung Selatan Bandar Lampung.

Mahasiswa IPB yang melakukan KKN di Kota Bandar Lampung dibagi di beberapa kelompok,  termasuk Kelompok Kota Bandar Lampung 01 yang KKN di Kelurahan Sumurputri Telukebtung Selatan Bandar Lampung. KKN ini sudah dimulai sejak 28 Juni dan berkahir 08 Agustus mendatang.

Fauzan menjelaskan, selama KKN di Sumurputri, mahasiswa dari berbagai fakultas di IPB tersebut melakukan berbagai kegiatan, antara lain, engolah kebun kelurahan, melakukan kerja bhakti, membuat video dan poster yang berisikan pesan tentang pentingnya vaksin bagi masyarakat.

Kelompok KKN IPB Bandar Lampung 01, kemarin mengadakan Webinar Digital Marketing Gratis dengan cara zoom meeting yang menghadirkan pembicara yang memang menguasai bidang Digital Marketing yaitu Rejive Dewangga, founder dari Edukasi 4.0.

Alasan diadakannya webinar tersebut untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pengetahuan dan penerapan strategi digital marketing  masih belum banyak diketahui masyarakat. Digital Marketing dapat peluang alternative usaha bagi masyarakat.

Karena Covid 19 ini,  sangat berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat, termasuk bagi kalangan pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan dan omzet secara drastis.

“Bagi yang tidak sempat mengikuti webinar secara langsung dapat menyaksikannya melalui channel youtube  https://youtu.be/iS9o68yCrkw,” tambah Fauzan.

Selama KKN di Bandar Lampung, para mahasiswa tersebut juga membagi-bagikan masker kepada para pejalan kaki dan pengendara sepeda motor yang tidak memakai masker.

Selain itu, mereka juga mempraktekkan ilmu yang diperolehnya selama kuliah di IPB antara lain memodifikasi tanaman dari hydrophonik menjadi aquaphonik

Selama melakukan KKN mahasiswa IPB yang berasal dari Lampung tersebut juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin dan pemberdayaan masyarakat perkotaan berbasis pertanian dan bisnis berkelanjutan sebagai akibat dari Covid 19. | red

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda