KPID Minta KPI Beri Sanksi Acara Nikahan ‘LESLAR’

Covid-19 Dugaan Entertainment Jakarta Keluarga Kesehatan Peristiwa Seni Budaya Style

LAMPUNG7COM | Hari bahagia Rizky Billar dan Lesti Kejora tinggal menghitung hari. Keduanya bakal melangsungkan akad nikah di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, 19 Agustus 2021.

Dilansir TribunSeleb, mulai Sabtu (14/8/2021), akan digelar pengajian. Dimulai pukul 07.00 WIB, bertajuk ‘Cinta Abadi Leslar’ diadakan acara ‘Bahagia Lahir Batin’.

Namun di tengah kabar bahagia tersebut justru terselip sebuah masalah mengenai tayangan live mereka di televisi. Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, Adiyana Slamet, menegur TV yang menyiarkan acara pra-pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar.

Adiyana Slamet berharap agar semua lembaga penyiaran mengedepankan etika penyiaran untuk kepentingan publik, bukan sekadar mana yang kuat membayar.

Pernyataan itu disampaikan Adiyana terkait tayangan pra-pernikahan Lesti Kejora dan Rizky Billar yang disiarkan TV pada Minggu (8/8/2021). Adiyana menyebutkan, tayangan tersebut sembrono karena selama tujuh jam menggunakan frekuensi publik untuk menayangkan urusan pribadi.

“Sebab, sesungguhnya penegakan etika penyiaran adalah cerminan dari adab kehidupan kita. Jangan sampai kita disebut tak beradab,” kata Adiyana dalam konferensi pers virtual, Jumat (13/8/2021).

Adiyana mengatakan, berdasarkan kajian yang dilakukan, tayangan yang disiarkan TV itu telah melanggar sejumlah aturan. Pertama, TV secara kasat mata melanggar Pasal 11 ayat 1 Standar Program Siaran (SPS) yang menyatakan bahwa program siaran wajib dimanfaatkan untuk kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.

Kedua, Pasal 13 ayat 2 Standar Program Siaran yang menyatakan program siaran tentang permasalahan kehidupan pribadi tidak boleh menjadi materi yang ditampilkan dan/atau disajikan dalam seluruh isi mata acara, kecuali demi kepentingan publik.

Faktanya, acara Lesti dan Billar ditayangkan hampir tujuh jam.

Mulai dari pukul 08.30-09.30 WIB dengan judul “Cinta Abadi Leslar” edisi Menghitung Hari dan pukul 15.30 sampai 21.30 WIB dalam edisi “Lepas Lajang, Calon Pemimpinmu, Kado Terindah Lesti”. Untuk itu, KPID Jabar meminta agar KPI Pusat menegur secara tertulis stasiun TV tersebut.

Seperti dikutip Gridhot dari Tribunjabar, KPID Jabar juga meminta KPI Pusat memberikan sanksi yang sama kepada lembaga penyiaran lain yang menayangkan acara serupa.

Lesti Kejora dan Rizky Billar semakin dekat menuju hari pernikahan yang rencananya digelar 19 Agustus 2021 mendatang. Rangkaian acara sudah mulai dilaksanakan, salah satunya pengajian yang digelar Sabtu 14 Agustus 2021. Rangkaian acara pernikahan pasangan yang berjuluk Leslar itu disiarkan live oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Seperti apa momen pengajian? intip deretan potretnya berikut!

1. Seragam Lilac

Pada acara tersebut, kedua keluarga kompak mengenakan seragam berwarna lilac. Lesti tampil anggun dengan dress panjang dan veil panjang. Aura calon pengantin terlihat dari wajah cantik Lesti Kejora.

2. Dekorasi cantik

Dekorasi tempat diselenggarakan acara begitu indah dengan dominasi warna ungu. Tampak bunga-bunga dan tanaman menghiasi di beberapa sudut.

3. Lesti lantunkan ayat suci

Pelantun lagu Kejora itu duduk didampingi oleh ayah dan ibunya. Lesti Kejora melantunkan ayat suci Al-Quran dengan merdu. Sementara itu Rizky Billar duduk didampingi oleh ayah dan ibunya.

4. Tangis Haru Izin Menikah

Suasana diliputi haru saat Lesti Kejora bersimpuh di depan kedua orangtuanya meminta izin untuk menikah. Perempuan 22 tahun itu tak kuasa menahan tangis. Endang Mulyana juga menangis melepaskan sang putri yang akan segera menikah. Lesti bergantian memeluk ayah dan ibunya.

Tak hanya itu, di pihak keluarga Rizky Billar juga tak kuasa menahan tangis haru. Rizky Billar bersimpuh meminta izin menikah. Pemuda asal Medan itu memeluk ibunya yang menangis. | red

Sumber Berita

Lihat Juga:

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda