Luar Biasa, Siswa SMP Mampu Menciptakan Pengaman Sepeda Motor dari Pencurian

Jawa Timur Keamanan Otomotif Pendidikan Teknologi

Ponorogo | Untuk menghindari pencurian sepeda motor, siswa SMP di Ponorogo Jawa timur Berhasil menemukan pengaman dengan sistem E-KTP atau SIM.

Mesin motor akan menyala jika bisa menunjukkan E-KTP yang sesuai, dan jika tidak bisa menunjukkan E-KTP yang sesuai maka mesin motor tersebut tidak bisa menyala.

Temuan ini berhasil meraih predikat juara pertama pada lomba Olimpiade Penelitian siswa Nasional kementerian pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Cara kerjanya sangat sederhana, alat dilengkapi dengan RFID atau semacam scanner untuk memutus atau menyambung aliran listrik pada mesin, sistem pemprograman dengan cara memasukkan no E-KTP atau SIM kedalam alat tersebut.

Dan jika KTP sesuai, maka arus listrik akan menyambung kemesin motor dan motor akan menyala untuk dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Namun jika scan tidak bisa mengakomodir KTP atau SIM, maka mesin motor tidak akan bisa menyala, dan alat ini sudah menancap pada mesin motor.

Penelitian ini sudah beberapa kali mengalami kegagalan, dan akhirnya setelah uji coba dalam beberapa bulan Penelitian ini berhasil dan mampu menjadi solusi untuk pengamanan sepeda motor dari tangan pencuri.

Informasi ini dikutip dari Seputar Inews siang yang di siarkan oleh RCTI beberapa waktu yang lalu. | Pinnur

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda