MGMP Seni Budaya Tingkat SMP Se-Kabupaten Lampura Mengikuti Acara Pelatihan Musik dan Tari Sigeh Pengunten

Lampung Utara Pendidikan Seni Budaya Style

LAMPUNG7COM | Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) seni budaya tingkat SMP se-Kabupaten Lampung Utara mengikuti acara pelatihan musik dan tari Sigeh Pengunten. Pemateri pada acara tersebut yakni dosen Pendidikan Tari Universitas Lampung yaitu Nabila Kuria Adzan,S.Pd.,M.Pd dan dosen Pendidikan Musik Universitas Lampung yakni Erizal Barnawi,S.Sn.,M.Sn,dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dosen pemula.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Utara Drs.Mat Soleh,M.Pd,Kabid Kebudayaan dinas P&K Lampura Dra.Nani Rahayu M.M,kepala sekolah SMPN 7 Kotabumi Rohmadi S.Pd,M.M.Kemudian dalam sambutan kepala dinas P&K Lampura memberi wejangan bahwa beliau sangat setuju dengan diadakannya acara seperti ini karna menurut pendapat beliau bisa mempertahankan kebudayaan Lampung kepada guru-guru SMP-sederajat dan yang terlebih penting menjaga kebudayaan Lampung itu sendiri.

Selain itu dalam sambutan beliau juga memberikan ide dan gagasan bahwa sekolah-sekolah di Kabupaten Lampung Utara wajib mengadakan eskul Seni Budaya (musik dan tari) serta disambut tepuk tangan meriah oleh perserta musik dan tari didalam ruangan tersebut.Dalam sambutannya juga kadis P&K sekaligus membuka acara pelatihan musik dan tari Sigeh Pengunten yang diadakan UNILA.

Acara Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan musik dan tari Sigeh Pengunten,pada kesempatan ini guru-guru SMP seni budaya se-Kabupaten Lampung Utara dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama diisi dengan pelatihan tabuh tari dan tabuh gupek untuk ansambel musik talo balak yang dipimpin oleh Erizal Barnawi dan tim Adi Saputra dan Pedro Feresdian Adu dari pendidikan musik, kemudian kelompok yang kedua dipimpin oleh Nabila Kuria Adzan dan tim Denta Pramana dan Syana Salsabila dari mahasiswa pendidikan tari dengan materi Tari Sigeh Pengunten.

Diujung acara pelatihan musik dan tari Sigeh Pengunten ditutup dengan penampilan para guru-guru SMP seni budaya se-Kabupaten Lampung Utara yang menampilkan tari Sigeh Pengunten dengan diiringi oleh tabuh gupek dan tabuh tari dalam Ansambel Talo BalakSelanjutnya para guru-guru seni budaya se-Kabupaten Lampung Utara diberi sertifikasi karena telah mengikuti serangkaian acara pelatihan musik dan tari Sigeh Pengunten dari pengabdian dosen pemula Universitas Lampung. | red

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda