Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Kamis

LAMPUNG7COM | Kementerian Agama memutuskan 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Keputusan ini diambil Kemenag dalam sidang isbat bersama para ulama dan pimpinan ormas Islam.

“Secara mufakat 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh hari Ahad, 3 April 2022,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers usai sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (3/4).

Dilasir dari Kumparan, penetapan awal Ramadhan ini merujuk pada pemantauan hilal atau bulan sabit awal di 101 titik wilayah di Indonesia. Dalam sidang yang dimulai pukul 17.00 WIB, petugas Kemenag di berbagai wilayah melaporkan sudah melihat hilal.

Seminar Posisi Hilal Penentu Awal Ramadan 1443H/2022M. Foto: Youtube/@Bimas Islam TV

Saat ini, kriteria baru yang disepakati MABIMS (Menteri-Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) telah berlaku. Kriteria itu, yakni awal bulan masuk jika posisi hilal saat matahari terbenam sudah 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama Thomas Djamaluddin dalam sidang menuturkan, ketinggian hilal di seluruh titik pemantauan terlihat di bawah 3 derajat.

Hari ini juga masuk ijtima dan hilal sudah berlangsung pada Jumat (3/4) pukul 13.24 WIB.

Seminar Posisi Hilal Penentu Awal Ramadan 1443H/2022M Foto: Youtube/@Bimas Islam TV

“Di Jakarta hilal hanya 1 derajat 42 menit. Untuk pakai kriteria lama saja kurang,” kata Thomas.

“Secara umum di Indonesia yang 2 derajat hanya Sumatera dan sebagian Jawa. Tapi kita sekarang menggunakan kriteria baru, yakni 3 derajat,” tambah Thomas yang juga peneliti LAPAN.

Laman: 1 2

Tulis Komentar Anda