Pemkot Metro Gelar Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57

Advetorial Kesehatan Kota Metro Lampung Pemerintahan

LAMPUNG7COM | Pemerintah Daerah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57, di halaman Wisma Haji Al Khairiyah Kota Metro, Jum’at (26/11/2021).

Dikatakan dalam sambutan Wali Kota Metro Wahdi Siradjudin menyampaikan rangkaian HKN ke-57 sudah di mulai kurang lebih 2 Minggu yang lalu yang jatuh pada tanggal 12 November 2021.

“Konsepnya adalah sehat Negeriku, bangkit bangsaku dan terus tumbuh Kotaku,” ujar Wahdi.

Lebih lanjut, Wahdi memberikan apresiasi kepada Dinas kesehatan yang sudah berjuang penuh melawan pandemi covid-19.

“Saya menyambut dengan gembira dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala kegiatan yang sudah dilakukan dalam hari Kesehatan Nasional, Kegiatan ini tentu dapat memberikan kemajuan kepada Kota Metro dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dalam bidang kesehatan kepada masyarakatnya,” ujar Wahdi.

Ditambahkan Wahdi, bahwa kita memerlukan rencana aksi percepatan, rencana aksi Nasional itu yang paling penting.

“Metro ini genetiknya bagus sudah hebat, masyarakatnya punya etika moral semuanya bagaimana memajukan Metro kedepan, sehingga pada pandemi ini pun kita dapat mencapai vaksinasi tertinggi di Lampung,” tegas Wahdi.

Hal serupa dikatakan kepala Dinas kesehatan Kota Metro Erla Andrianti, menurutnya Peringatan HKN secara nasional sudah dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia pada tanggal 12 November lalu.

“Tema Hari Kesehatan Nasional ke-57 kali ini adalah sehat negeriku tumbuh Indonesiaku, sehat ada suatu hak dasar manusia. Kesehatan juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan sumber daya manusia,” ucap Erla.

Selanjutnya menurut Erla ada beberapa rangkaian yang telah dimulai sejak bulan Oktober.

“Ada lomba lomba kebersihan antar Puskesmas, kemudian kita mengikuti lomba sanitasi total berbasis masyarakat berkelanjutan tingkat nasional, kemudian adanya lomba tenaga kesehatan teladan, ada kegiatan oleh ikatan dokter Indonesia (IDI) bekerjasama dengan dokter untuk masakan walking tour walking tour, kemudian kami juga melaksanakan kerjasama atau gerakan peduli kanker serviks dan payudara antara pemerintah BPJS, organisasi profesi Indonesia Cabang Kota Metro, kemudian melaksanakan bakti sosial berupa pembagian paket sembako yang kami kumpulkan dan terkumpul senilai 12 juta rupiah,” ujar Erla.

Erla juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan Dinas kesehatan pada HKN ke-57 di Kota Metro, melaksanakan gebyar senam ceria bersama dengan keluarga dan pada pukul 07.00 wib melaksanakan pencanangan blusukan gas atau gerakan aksi serentak vaksin.

“Kita akan melaksanakan deklarasi melayani tanpa gratifikasi pencanangan operasionalisasi Rumah sakit Umum Daerah Sumbersari Bantul,” ucap Erla.

Kemudian Erla juga berterima kasih kepada kelompok masyarakat yang telah mendukung dan peduli terhadap kesehatan.

“Yaitu adanya hibah tanah posyandu oleh keluarga-keluarga yang menghibahkan tanahnya untuk dibangun posyandu, juga penghargaan kepada vaksinator sanitarian dan surveilans. Dan ada acara penunjang yaitu kami membagikan masker gratis di beberapa sekitar Dinas Kesehatan, dan sumber pendanaan dana berasal dari para donatur,” pungkas Erla Andrianti. | (Aliando).

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda