Percepat Capaian Vaksinasi-19, Komisi II DPRD Sarankan Pemeritah Kota Metro Jemput Bola

Covid-19 DPRD Kota Metro Lampung

LAMPUNG7COM | Guna mempercepat pencapaian vaksinasi-19 seratus persen, Ketua Komisi II DPRD Kota Metro Fahmi Anwar menyarankan pemerintah kota setempat menerapkan sistem jemput bolah terhadap warga lanjut usia (lansia).

Menurut Fahmi, selain mempercepat pencapaian seratus persen vaksinasi, penerapan sistem jemput bola itu menjadi bentuk nyata komitemn Pemkot Metro dalam upaya pencegahan penularan dan penanganan covid-19.

“Pemkot Metro harus jemput bola ke rumah-rumah yang ada lansianya untuk memberikan vaksinasi, sehingga bisa mempercepat upaya mencapai seratus persen vaksinasi. Itu juga sebagai bentuk komitmen pemkot mencegah penularan covid-19,” ujar Fahmi, Jumat (30/7/2021).

Agar penerapan sistem jemput bola itu berjalan efektif, koordinasi dan sinergi dengan aparta kelurahan termasuk para ketua RT dan RW harus diperkuat.

“Jemput bola bisa dilakukan dengan koordinasi antar kelurahan atau RT RW. Beri pemahaman kepada lansia, cek kondisi kesehatan lansia sebelum diberi vaksinasi. Pasti realisasi pemberian vaksinasi bisa optimal ke masyarakat,” sarannya.

Dia berharap, dalam waktu dekat jemput bola itu dapat segera direalisasikan oleh Pemkot Metro melalui satuan kerja terkait.

“Semoga segera dilakukan. Ini juga salah satu upaya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal,” tegasnya.

Selain itu, dia mengingatkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan covid-19.

“Vaksin inikan fungsinya untuk membentuk kekabalan kelompok terhadap paparan covid-19. Jadi untuk mencegah penularan, kita semua tanpa terkecuali harus tetap disiplin menerapkan prokes. Ingat pandemi belum berakhir,” pungkas Fahmi. | (RED).

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda