LAMPUNG7COM | Karyawan PTPN VII Unit Rejosari Pematang Kiwah (Repa) melakukan kegiatan pemanenan buah kelapa sawit yang ada di lokasi tanah yang dikuasai dan dikelola LSM Pelita terletak di Dusun Simbaringin, Desa Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (18/5/2022).

Kegiatan pemanenan buah kelapa sawit tersebut dilakukan oleh karyawan PTPN VII sebanyak lebih kurang 100 orang dengan dikawal aparat keamanan dari Kepolisian Sektor Natar dan Polres Lampung Selatan dengan BKO anggota Brimob.

Selain itu terpantau juga oleh media dilapangan, bahwa kegiatan pemanenan buah kelapa sawit tersebut juga dikawal oleh anggota TNI dari Koramil Natar dan Kodim 0421 Lampung Selatan.

Menurut salah satu pimpinan PTPN VII Unit Repa, Ferry, kepada awak media di lapangan, “Kita hari ini melakukan pemanenan buah kelapa sawit di lokasi ini, karena memang sudah lama tidak dipanen,” ujar Ferry.

Ditempat yang sama Wakil Ketua LSM Pelita, M. Faisal mengatakan, bahwa LSM Pelita selaku yang menguasai dan mengelola tanah tersebut maupun pihak ahli waris, tidak pernah menghalangi pihak PTPN VII untuk mengambil buah kelapa sawit yang ada di lokasi tersebut.

“Kami dari LSM Pelita yang menguasai dan mengelola tanah ini maupun ahli waris yang memberikan kuasa kepada LSM Pelita, tidak pernah menghalangi kegiatan PTPN VII Unit Repa untuk mengambil buah kelapa sawit yang ada di lahan ini, yang penting tidak merusak tanaman muda yang di tanam oleh penggarap yang diizinkan oleh LSM Pelita,” ungkap Faisal.

Namun dalam hal ini, pihak LSM Pelita mempertanyakan kehadiran dan keberadaan anggota TNI-Polri dilahan milik Suprayitno (alm) yang saat ini dikelola dan diurus oleh LSM Pelita sejak bulan Juli 2021.

“Kami dari LSM Pelita mempertanyakan dalam rangka apa dan atas permintaan siapa kehadiran dan keberadaan anggota TNI-Polri dilahan milik Suprayitno (alm) yang dikelola dan diurus oleh LSM Pelita hari ini,” kata Faisal dengan nada penuh tanya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak PTPN VII, walaupun media sudah minta konfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp dan melalui telepon seluler, Andi dibagian Kesekretariatan PTPN VII. | Pnr/Asep.

Tulis Komentar Anda