LAMPUNG7COM | Ribuan orang memadati Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, untuk melaksanakan shalat Idul Fitri pada Senin (2/5/2022) pagi.

Pantauan media, jemaah sudah berduyun-duyun berdatangan ke salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini sejak pukul 05.15 WIB, baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda.

Mereka membawa perlengkapan ibadahnya sendiri, mulai dari sajadah hingga mukena. Tampak seluruh jemaah mengenakan masker.

Salah satu jemaah, Nahda, mengaku datang dari Jatinegara untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di Istiqlal.

“Tadi berangkatnya naik kereta, kita coba datang agak awal sekitar jam 04.00 tapi ternyata keretanya belum ada, jadi sempat agak nunggu buat dapat kereta pertama,” kata Nahda yang datang bersama suami, Senin.

“Memang sengaja mau ke sini walaupun masjid dekat rumah juga ada shalat Id. Sengaja biar lebih terasa suasananya karena sudah 2 tahun enggak merasakan shalat Id yang benar-benar terasa suasana Idul Fitri-nya,” ungkapnya.

Keramaian ini membuat jalan raya di sekitar Masjid Istiqlal cukup ramai oleh kendaraan dan arus lalu lintas sedikit tersendat di jalan Ir H Juanda, Jalan Pos, dan Jalan Kesenian Jakarta.

Mobil-mobil parkir memadati tepi jalan, begitu pula sepeda motor.

Tampak sejumlah warga mengatur parkir, sementara itu aparat kepolisian mengarahkan pengendara supaya arus lalu lintas tetap dapat mengalir.

Sementara takbir berkumandang dari masjid, jemaah perlu berbaris cukup panjang untuk melewati penjagaan dan pos pemeriksaan dari Paspampres.

Sebagai informasi, beberapa pejabat negara juga diundang untuk melaksanakan shalat Idul Fitri di sini.

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dijadwalkan akan hadir.

[sumber]

Tulis Komentar Anda