LAMPUNG7COM | H+1 Idhul Fitri 1443 H, jalanan Protokol Kota Pringsewu diramaikan mobilitas masyarakat yang hendak pergi bersilaturahmi dan berwisata baik didalam maupun keluar daerah.

Umumnya masyarakat menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil pribadi.

Dalam pantauan media, sejak pukul 10.00 Wib, arus lalu lintas dari dan menuju Pringsewu terlihat ramai. Meskipun tidak sampai menyebabkan kemacetan namun arus lalu lintas sempat tersendat karena banyaknya kendaraan yang hendak berbelok atau memutar arah.

Kasat Lantas Iptu Ridho Grisyan Adidharya melalui Kanit patroli Aiptu Joko mengatakan, jika terjadi kemacetan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Diantaranya dengan mengalihkan sebagian arus lalu lintas melalui jalur alternatif.

Pertama, arus lalin dari arah kota agung, akan dibelokkan masuk jalan olahraga, jalan satria, jalan Pringadi, Podomoro dan tembus di simpang Pusri Sidoharjo.

Sedangkan dari arah sebaliknya, arus lalin akan dialihkan dari simpang langlang buana, jalan pelita, jalan melati, jalan Ki Hajar Dewantara, jalan palapa gunung kancil dan keluar di simpang kolam renang Paris Pajaresuk.

“Rekayasa lalu lintas tersebut akan diterapkan apabila memang terjadi krodit atau kemacetan dilokasi rawan macet disepanjang pasar induk Pringsewu hingga jembatan way bulok Pekon Sidoharjo,”ujarnya mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, S.IK, M.IK pada Selasa (3/5/22) siang

Disampaikan Aiptu Joko, hari kedua Idhul Fitri 1443 H, dari pagi hingga siang mayoritas kendaraan bergerak dari arah Pringsewu menuju bandar Lampung, sedangkan sore harinya arus lalin didominasi dari arah bandar Lampung menuju Pringsewu.

“Dihari kedua lebaran Arus lalu lintas di jalan protokol Pringsewu terpantau padat merayap, namun demikian tidak sampai terjadi kemacetan,”ungkap Aiptu Joko

Dia menambahkan, untuk memberikan rasa aman dan kelancaran masyarakat, satgas urai dari satuan lalu lintas dan di backup personil Sat Samapta Polres Pringsewu telah diterjunkan di jalan untuk melakukan penjagaan dan pengaturan arus lalin.

“Sampai saat ini personil yang tergabung dalam operasi ketupat Krakatau 2022 Polres Pringsewu sedang melakukan gatur lalin dilapangan,”terangnya

Demi kelancaran dijalan, Aiptu Joko mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk tertib dan mematuhi rambu rambu serta anjuran petugas dilapangan.

“Demi keamanan dan keselamatan bersama, Kami berharap masyarakat khususnya pengendara sepeda motor maupun mobil agar berhati-hari, dan mematuhi aturan maupun petunjuk petugas dilapangan.”tandasnya. | Asep.

Tulis Komentar Anda