LAMPUNG7COM | PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Panjang terima Kunjungan Kerja sejumlah menteri, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy, Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi dan Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto, Rabu (4/5/2022).

Dalam kunjungan kerja tersebut, disambut oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Subiyanto, Kepala KSOP Kelas 1 Panjang , Hendri Ginting dan General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, Adi Sugiri.

Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka pemantauan dan kesiapan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022, dimana Pelabuhan Panjang sebagai alternatif rute pelayanan arus balik.

Dalam sambutan Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy mengatakan,
“Arus mudik tahun 2022 ini dari sisi jumlah pemudik berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, dari pantauan yang kami lakukan dilapangan, kami mengapresiasi para pihak terkait dalam upaya mensukseskan kelancaran arus mudik tahun 2022 ini terutama dalam hal menjamin keselamatan para pemudik” Ujar Muhajir.

Ditempat yang sama, Menteri Perhubungan juga menyampaikan bahwa, “Ini sebagai bentuk antisipasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dalam mengurai kepadatan arus balik mudik yang membeludak dengan rute Pelabuhan Panjang – Pelabuhan Ciwandan Banten ataupun sebaliknya dengan menambah rute dan armada yang melayani penyeberangan” jelas Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, “Dimana peran Pelindo sebagai Operator Pelabuhan dan Pelni sebagai Operator Kapal diharapkan dapat membantu untuk pelaksanaan kegiatan arus balik ditahun ini” katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi langkah yang dilakukan KSOP Kelas1 Panjang dalam hal menyiapkan pelayanan dan regulasi bagi kapal-kapal penumpang yang bersandar di Pelabuhan Panjang.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri BUMN bahwa, “Kami sebagai Badan Usaha Milik Negara selalu siap melayani masyarakat, terutama pada saat arus mudik maupun arus balik yang meningkat pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya”, ucap Erick.

Sambutan yang ditutup oleh Gubernur Lampung dan Kakorlantas Polri menyampaikan, “Atas nama masyarakat Lampung saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat bahwa ketika masyarakat membutuhkan pertolongan Pemerintah hadir guna mengurai kepadatan arus pemudik pada tahun ini” ungkap Arinal.

Lebih lanjut Gubernur Lampung menyampaikan, “Kami mengharapkan ditahun yang akan datang bisa membuka rute baru yang berada di daerah Kabupaten Tanggamus dan berbagai pelabuhan lainnya yang berada di Provinsi Lampung”, Harap Arinal.

Kakorlantas Polri juga menyampaikan bahwa, “Kami menyiapkan berbagai rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas yang terjadi pada arus balik tahun 2022”, jelas Firman.

Kegiatan ditutup dengan tanya jawab para Menteri bersama penumpang, baik yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. | Asep.

Tulis Komentar Anda