SLB Insan Madani Gelar Pelatihan Musik Gamolan Lampung

Kota Metro Lampung Pendidikan Seni Budaya

Lampung7.com – Metro | SLB Insan Madani menggelar pelatihan musik gamolan dibimbing langsung oleh Kaprodi Pendidikan Musik dan Program Doktor Pendidikan FKIP Universitas Lampung, Hasyimkan, dengan dihadiri seluruh dewan guru, staf dan ketua yayasan SLB Insan Madani Kota Metro, Sabtu (29/5/2021).

Dikatakan dalam sambutan Hasyimkan menyampaikan bahwasanya Kota Metro harus mempunyai kepedulian tentang pendidikan terutama di bidang pendidikan inklusi.

“Pelatihan gamolan ini merupakan strategi untuk membuat anak-anak itu punya masa depan dan skill yang dapat dikembangkan,” ujar Hasyimkan.

Hal tersebut bertujuan menanamkan cinta kearifan lokal serta memanfaatkan kearifan lokal dan mempunyai etika bermuara pada karakter.

“Kebudayaan Lampung tidak terlepas dari religi atau pelajaran agama, jadi pembangunan anak manusia ke depan kita bangun mereka melalui religi melalui kebudayaan keagamaan,” ucapnya.

Hasyimkan berharap dari pelatihan tersebut Kota Metro terus maju dan berkembang.

“Jika di seluruh Lampung sudah mempunyai budaya musik gamolan adat Lampung tapi Kota Metro mempunyai SDMnya,” tambah Hasyimkan

Sementara Ketua yayasan SLB Insan Madani Kota Metro Sowiyah dalam sambutannya menyampaikan sudah lama mimpi bawa guru-guru di Lampung semuanya bisa mengerti filosofi Lampung.

“Saya ingin ini gebrakan untuk Kota Metro yaitu mulai dari sekolah Insan Madani, bagaimana dengan musik dia akan melatih kesabaran emosional dan dia akan berpikir positif terus serta dia akan menterjemahkan bagaimana mengajar dengan baik,” ujar Sowiyah.

Ditambahkan, dirinya menginginkan bahwa sekolah-sekolah dari jenjang PAUD sampai menengah atas itu menyanyikan satu lagu wajib lagu Lampung.

“Jadi itu dinyanyikan setiap pembelajaran dan itu melestarikan serta membudayakan dialog percakapan sehari dengan berbahasa Lampung,” pungkas Sowiyah.

Kedepan SLB Insan Madani Kota Metro akan melakukan kerja sama (MOU) dengan program study pendidikan musik FKIP Universitas Lampung (UNILA). | (Aliando).

Silahkan Bagikan:

Komentar Anda