LAMPUNG7COM | Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi Lampung menggandeng PT Guhring Indonesia memberikan pengetahuan tentang permesinan industri kepada SMK Negeri dan Swasta di Lampung, pada 2-3 Agustus 2022.

Kegiatan yang dikemas melalui Workshop Penguatan Kerja Sama SMK dan Industri dan digelar di SMKN 2 Bandar Lampung yang juga sebagai tuan rumah kegiatan, ini bertujuan untuk penyelarasan kurikulum SMK dengan tuntutan yang berlaku pada Industri dan Dunia Kerja (Iduka).

Ketua MKKS SMK Lampung, Drs. Moh Edy Harjito mengatakan, bekerjasama dengan PT Guhring Indonesia pada workshop, merupakan hal penting bagi SMK untuk mengetahui lebih jauh tentang praktik permesinan di Iduka.

Menurutnya, PT Guhring Indonesia bisa menjadi pintu masuk bagi SMK di Lampung khususnya SMK yang memiliki Kompetensi Keahlian Teknik Mesin, dalam menjalin kerja sama dengan Iduka lain yang ada di Indonesia.

“Kehadiran PT Guhring Indonesia dalam workhsop penguatan kerja sama SMK dan industri ini adalah untuk memfasilitasi sekaligus mempertemukan SMK dengan Iduka,” ujar Kepala SMKN 2 Bandar Lampung pada Selasa (2/8/2022).

Sementara Managing Director PT Guhring Indonesia, Recai Kipik, menerangkan kehadiran pihaknya bersama SMK di Lampung melalui workshop ingin menjalin lebih erat tentang kerja sama antara SMK dan Iduka.

PT Guhring Indonesia merupakan perusahaan swasta yang berbasis di Jerman yang merupakan spesialis cutting tool atau alat pemotong industri mesin, pada kegiatan ini ingin mengajak SMK di Lampung mengenal lebih dekat tentang peralatan yang disediakan perusahaan untuk diaplikasikan pada mesin dengan jenisnya.

“Target kami hadir pada workshop ini adalah memberikan pengetahuan tentang cutting tool, agar lulusan SMK khususnya jurusan Teknik Mesin di Lampung bisa beradaptasi dengan mudah saat bekerja di Iduka,” ujar Recai Kipik.

Tak hanya di Lampung, kegiatan mengenalkan peralatan yang dimiliki PT Guhring Indonesia juga akan dilakukan pada seluruh SMK di Tanah Air.

“Di Sumatera, program ini pertama di Lampung. Ke depan kegiatan surupa akan meyasar seluruh SMK di Indonesia,” kata dia.

Diketahui, kegiatan workshop yang diikuti sejumlah SMK di Lampung ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung yang diwakili Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Minda Tuah Putri, S.Sos., M.M.

Saat membuka, ia menyambut baik kegiatan workshop tersebut. Selain dapat menambah pengetahuan SMK tentang permesinan pada industri, kegiatan tersebut juga mampu mendekatkan SMK dengan Iduka khususnya PT Guhring Indonesia.

Hadir pula pada workshop tersebut, Tool Manager PT Guhring Indonesia Ronald Simanjuntak, Ass Director PT Guhring Indonesia Andhi Maulana, Kepala SMKN 9 Bandar Lampung, dan sejumlah kepala SMK di Lampung. | red

Peserta Workshop:

1. SMKN 2 Bandar Lampung

2. SMK YPT

3. SMK Bima Sakti

4. SMK Budi Utomo 2 Way Jepara

5. SMK Muhammadiyah 2

6. SMK Negeri 3 Bandar Lampung

7. SMK Negeri 3 Kotabumi

8. SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo

9. SMK Negeri 2 Terbanggi Besar

10. SMK Negeri 2 Kalianda

11. SMK Mutiara Natar

12. SMK Dharmapala

13. SMK 2 Mei

14. SMK Negeri 9 Bandar Lampung

Sumber: MKKS SMK Lampung

Tulis Komentar Anda