Teknologi

Bakal Ada Patroli Siber Menjelang Pemilu 2024

Lampung7.com | Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Saat ini tahapan pemilu tengah dimulai.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suyudi Ario Seto, menyatakan, patroli siber akan terus dilakukan menjelang Pemilu 2024. Hal ini diambil tindakan karena potensi konflik tidak hanya terbatas pada wilayah darat, tetapi juga di dunia maya.

“Kita ketahui bersama bahwa potensi konflik tidak hanya dimulai dari wilayah darat saja, tetapi juga dari udara, dunia siber. Oleh karena itu, kami melakukan pemantauan setiap waktu,” kata Suyudi Ario Seto di Jakarta, Sabtu (4/11).

Suyudi menjelaskan, jika ada upaya yang mengganggu, memancing provokasi, pihak berwajib tidak segan-segan untuk melakukan penindakan. Mereka yang terindikasi melakukan hal-hal tersebut dapat dikenai pasal-pasal dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Banyak provokasi yang mengajak untuk melakukan kekerasan di wilayah tersebut dan kami akan mengambil tindakan sesuai dengan UU ITE,” ujar mantan Kapolres Bogor dan Jakarta Pusat ini.

Demi mengantisipasi potensi konflik di masyarakat dan pemetaan wilayah-wilayah rawan konflik, Kapolres akan dibantu oleh Dandim dan pihak-pihak terkait dari Pemerintah Provinsi DKI.

Upaya-upaya pendekatan masyarakat selalu menjadi prioritas dalam rangka menjaga keamanan dan kenyamanan selama periode Pemilu. Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Terlebih dengan peranan satuan keamanan lingkungan memelihara Kamtibmas dalam menghadapi agenda nasional, yakni Pemilu 2024.

“Jangan ada perpecahan maupun perselisihan hanya karena berbeda pilihan, karena persatuan dan kesatuan bangsa adalah hal utama yang harus dipertahankan serta kita jaga bersama,” jelasnya. **

Tulis Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.