Timnas Indonesia Melaju Ke Babak Semi Final, Setelah Menaklukkan Timnas Malaysia

Internasional Olah Raga

LAMPUNG7COM | Bek timnas Indonesia, Pratama Arhan, menambah keunggulan skuad Garuda menjadi 3-1 atas Malaysia. Duel timnas Indonesia vs Malaysia yang merupakan laga terakhir fase grup Piala AFF 2020 itu berlangsung di Singapore National Stadium pada Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Kala babak kedua baru berjalan lima menit, Pratama Arhan mencetak gol lewat sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Pratama Arhan menambah keunggulan timnas Indonesia menjadi 3-1. Sebelumnya, timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong mencetak dua gol lewat aksi Irfan Jaya (36′, 43′).

Sementara itu, satu gol yang sempat membawa timnas Malaysia unggul dicetak oleh Kogileswaran pada menit ke-13. Pada awal babak pertama, timnas Indonesia dan Malaysia langsung bermain terbuka. Timnas Indonesia langsung mengancam lewat tendangan jarak jauh Pratama Arhan yang masih melambung.

Timnas Indonesia kembali mengancam ketika sundulan Alfeandra Dewangga sukses membelokkan umpan sepak pojok Irfan Jaya. Beruntung bagi Malaysia karena sundulan Alfeandra Dewangga juga melebar. Hingga menit ke-10, kedua tim masih belum mendapatkan tembakan tepat sasaran meski silih berganti menyerang dengan tempo tinggi.

Tepat pada menit ke-13, Malaysia berhasil unggul terlebih dahulu lewat gol Kogileswaran Raj.

Memanfaatkan bola liar hasil dari tendangan sudut, Kogileswaran Raj yang berdiri di luar kotak penalti mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan kaki kanan.

Keputusan Kogileswaran Raj terbukti tepat setelah tembakan kaki kanannya meluncur deras masuk ke sisi kiri timnas Indonesia yang dikawal oleh Nadeo Argawinata. Ini adalah kali pertama timnas Indonesia tertinggal pada pertandingan Piala AFF 2020.

Tertinggal 0-1, timnas Indonesia langsung bereaksi dengan melakukan pressing tinggi.

Tepat pada menit ke-19, Ramai Rumakikan dijatuhkan pemain lini belakang Malaysia di kotak penalti ketika hendak melepaskan tembakan.

Namun, wasit Ammar Ibrahim dari Bahrain tidak menganggap itu pelanggaran. Melihat hal itu, Shin Tae-yong langsung melakukan protes keras ke wasit keempat.

Meski demikian, wasit tetap tidak mengubah keputusannya. “Saya tidak tahu mengapa itu tidak dianggap pelanggaran,” kata komentator siaran langsung Indonesia Vs Malaysia.

Tepat pada menit ke-22, Safawi Rasid berhasil masuk ke kotak penalti Indonesia lewat akselerasi cepat dari lapangan tengah. Ketika hendak melepaskan umpan, Safawi Rasid terjatuh karena kalah berduel dengan Pratama Arhan.

Beruntung bagi Indonesia karena wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran. Memasuki menit ke-25, tempo pertandingan mulai menurun. Timnas Malaysia kali ini memilih bertahan di wilayah permainan sendiri dan tidak melakukan pressing ketika kehilangan bola.

Di sisi lain, timnas Indonesia masih terus berusaha menyerang lewat sisi sayap. Serangan timnas Indonesia sejauh ini sangat sering terhenti di sepertiga akhir pertahanan Malaysia karena buruknya final pass.

Faktor lain yang membuat serangan timnas Indonesia masih belum berhasil adalah jarak antar pemain yang terlalu jauh.

Hingga menit ke-30, timnas Indonesia masih belum mendapatkan tembakan tepat sasaran.

Tepat pada menit ke-31, timnas Malaysia nyaris menggandakan keunggulan andai tendangan chip Syafiq Ahmad tidak melebar. Usaha timnas Indonesia untuk mencetak gol penyeimbang akhirnya berhasil pada menit ke-35 lewat gol Irfan Jaya.

Menerima umpan silang Witan Sulaeman yang lolos dari jebakan offside, Irfan Jaya sukses menaklukkan kiper Malaysia, Khairul Fahmi, dengan tembakan kaki kiri mendatar.

Setelah kedudukan imbang 1-1, tempo pertandingan menurun. Timnas Indonesia kemudian berhasil membalikkan kedudukan lewat gol Irfan Jaya pada menit ke-43.

Lalu, ketika babak kedua baru berjalan lima menit, Indonesia berhasil menambah keunggulan lewat aksi Pratama Arhan. Pratama Arhan menggetarkan gawang timnas Malaysia lewat sepakan kaki kiri yang tak mampu dijangkau kiper .Khairul Fahmi

Indonesia unggul 3-1 atas Malaysia hingga menit ke-50.

Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Malaysia:

Timnas Indonesia (4-1-4-1): 23-Nadeo Argawinata; 14-Asnawi Mangkualam, 19-Fachruddin Aryanto, 28-Alfeandra Dewangga, 12-Pratama Arhan; 13-Rachmat Irianto; 15-Ricky Kambuaya, 20-Ramai Rumakiek; 8-Witan Sulaeman, 25-Irfan Jaya; 7-Ezra Walian

Cadangan: 26-Syahrul Fadilah, 3-Moh Edo, 5-Rizky Ridho, 6-Evan Dimas, 9-KH Yudo, 11-Victor Igbonefo, 16-Rizky Dwi, 18-I Kadek Agung, 22-Yabes Roni, 27-Dedik Setiawan, 29-Hanis Saghara, 30-Elkan Baggott

Pelatih: Shin Tae-yong

Malaysia (4-3-3): 21-Khairul Fahmi; 16-Rizal Ghazali, 2-Dion Cools, 5-Junior Eldstal, 4-Syahmi Safari; 8-Baddrol Bakhtiar, 24-Faisal Halim, 15-Kogileswaran; 13-Arif Aiman, 11-Safawi Rasid, 20-Syafiq Ahmad

Cadangan: 1-Khairulazhan, 23-Kalamullah Al-Hafiz, 3-Shahrul Saad, 6-Dominic Taan, 9-De Paula, 10-Shahrel Fikri, 12-Ariff Farhan, 14-Mukhairi Ajmal, 17-Arif Fadzilah, 18-Luqman Hakim, 19-Akhyar Rasyid, 22-Quentin Cheng
Pelatih: Tan Cheng Hoe.

Pada Babak Semi Final Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Singapura yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2021. | Pin

 

Komentar Anda