LAMPUNG7COM | Untuk membantu dan mendukung pemerintah dalam percepatan penurunan angka stunting, khususnya diwilayah Kecamatan Karangtanjung, Komandan Koramil 0102/Cadasari Kodim 0601/Pandeglang Kapten Inf. Supandi meninjau langsung kegiatan di Posyandu Anggrek 9 Kampung Cikiray Rt. 01 Rw. 03 Kelurahan Cigadung Kecamatan karang Tanjung, Jum’at (05/08/22)

Bersama Lurah Kelurahan Cigadung Ifan Timi Habafi, S.AP., dr. Rita Permatasari Kepala Puskesmas Pagadungan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan karangtanjung Ibu Nana Heryana Muhtar, Komandan Koramil (Danramil) 0102/Cadasari Kapten Inf Supandi terus mensosialisasikan Stunting kepada ibu-ibu warga Kampung Cikiray Rt. 01 Rw. 03 Kelurahan Cigadung Kecamatan karang Tanjung.

Danramil 0102/Cadasari Kapten Inf. Supandi mengatakan, dalam Sosialisasi tersebut dijelaskan sebagai upaya mempercepat penurunan kasus stunting yang banyak dialami anak-anak akibat dari dampak adanya Covid 19 pada dua tahun terakhir ini. Banyak kegiatan yang berhubungan masyarakat dibatasi dan berdampak kepada pelayanan di posyandu.

Stunting merupakan masalah gizi kronis, yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam kurun waktu yang lama.

Stunting terjadi karena asupan makanan kedalam tubuh tidak sesuai kebutuhan gizi yang diperlukan, dan itu terjadi dari mulai di dalam kandungan serta baru terlihat setelah usia 2 tahun. Selain pertumbuhan tubuh terhambat, stunting juga dapat mempengaruhi perkembangan otak, mempengaruhi produktivitas, daya serap dan kreativitas di usia produktif anak.

“Dengan berjalan mengelilingi kampung kita sosialisasikan stunting kepada warga sekitar akan bahayanya stunting terhadap pertumbuhan anak, melalui pendekatan yang menyeluruh, diharapkan kasus Stunting dapat segera diatasi”, Ucap Kapaten Inf. Supandi

Permasalahan stunting bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab petugas kesehatan gizi yang berada pada setiap Puskesmas-puskesmas, melainkan seluruh pihak terkait lainnya termasuk TNI AD dan masyarakat itu sendiri.

“Kami Koramil 0102/Cadasari Kodim 0601/Pandeglang akan terus melakukan upaya penurunan stunting dengan mesosialisasikan melalui pendekatan yang menyeluruh kepada warga sehingga timbul kesadaran untuk memeriksakan anaknya ke pelayanan kesehatan terdekat atau posyandu”, terang Danramil. | Ranti Karim.

Tulis Komentar Anda