LAMPUNG7COM | Kepala Unit Pelaksana Tehnis (KUPT) Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wan Abdul Rachman Eny Puspasari, menyerahkan secara simbolis bibit tanaman dan pupuk kepada warga masyarakat Desa Padang Cermin, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Kamis (30/12/2021).

Bantuan bibit tanaman dan pupuk tersebut adalah program Hutan Rakyat (HR) yang berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun anggaran 2021.

Adapun jenis tanaman yang diberikan kepada masyarakat adalah sebanyak 160 ribu bibit dengan terbagi atas 5 jenis tanaman, yaitu Durian, Nangka, Petai, Pala dan Akasia.

Menurut KUPT Tahura Wan Abdul Rachman, Eny Puspasari, program ini disamping untuk meningkatkan penghasilan masyarakat secara Ekonomi, juga secara Ekologi untuk mencegah terjadinya longsor.

“Desa Padang Cermin ini adalah penyangga Taman Hutan Rakyat Wan Abdul Rachman, oleh sebab itu program Hutan Rakyat ini adalah untuk memperkaya tanaman masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat secara ekonomi, dan secara ekologi dapat mencegah terjadinya longsor” ungkap Eny.

Selanjutnya Eny juga menjelaskan, dalam program Hutan Rakyat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun anggaran 2021 mengambil lokasi di dua titik, yakni di Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Barat.

” Untuk Program Hutan Rakyat tahun anggaran 2021 ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menunjuk dua lokasi, yakni Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Barat” jelas Eny

Masih menurut Eny, dipilihnya 5 jenis Tanaman itu adalah atas Aspirasi dari masyarakat sendiri, karena sebelum program itu dilaksanakan, Dinas Kehutanan Provinsi Lampung meminta aspirasi dari masyarakat jenis tanaman apa yang mereka inginkan.

“Jadi setelah kita dapat kabar bahwa ada program Hutan Rakyat dari KLHK, yang dimasukkan dalam Dana Alokasi Khusus (DAK), maka kita tawarkan kepada masyarakat untuk menyelesaikan aspirasinya tentang jenis tanaman yang mereka inginkan” Imbuh Eny.

Mengenai jumlah bibit tanaman dan luas lahan yang akan dijadikan program hutan rakyat tersebut, Eny Puspasari menerangkan, “Jadi dalam program hutan rakyat tahun anggaran 2021 ini, luas lahan yang digunakan kurang lebih 400 Hektar, yang terbagi dalam 8 Blok, dan perhektar mendapatkan bibit tanaman sebanyak 400 batang yang terdiri dari 5 jenis tanaman sesuai aspirasi masyarakat” tandas Eny.

Dilain pihak salah satu warga masyarakat penerima bantuan program Hutan Rakyat, Ariadi mengatakan, ” Masyarakat Desa Padang Cermin Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, sangat senang dan antusias dalam menerima bantuan program Hutan Rakyat ini,” ungkap Hariadi.

Masih menurut Ariadi, masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini KLHK yang telah menunjuk Desa Padang Cermin sebagai lokasi program pemerintah tersebut.

“Kami masyarakat Padang Cermin sangat berterima kasih kepada pemerintah khususnya KLHK yang telah menunjuk Desa Padang Cermin sebagai lokasi program Hutan Rakyat tahun ini, dan mudah-mudahan program ini dapat bermanfaat dan meningkatkan Ekonomi masyarakat kedepannya, serta dapat menjaga lingkungan hidup terutama mencegah terjadinya longsor.” pungkas Ariadi. | Pnr.

Tulis Komentar Anda