LAMPUNG7COM | Sebagai Travel Blogger Lampung yang kini merambah podcast, Indra Pradya memang cukup dikenal kepiawaiannya dalam berkomunikasi dengan tokoh publik.

Indra Pradya berkesempatan berbincang dengan H. Wendy Melfa, SH., MH., yang akrab disapa Bang Wendy sebagai bintang tamu pada podcast pertamanya.

Menariknya, Bang Wendy yang dikenal sebagai tokoh politik dan pemerhati budaya, kali ini Beliau lebih banyak membahas soal UMKM di Lampung.

Menurut beliau, Ekonomi mikro sangat berperan penting dalam meningkatkan ekonomi sekaligus pelestari budaya Lampung. Sangat banyak cara untuk memasukan unsur budaya disetiap kegiatan UMKM.

“Tentu, adalah kewajiban kita semuanya orang Lampung secara umum, terlepas etnis apapun kita, tapi sudah menjadi warga Lampung, maka seperti pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Oleh karena itu kita ini punya kewajiban untuk menjaga, melestarikan, termasuk membanggakan budaya orang Lampung,” jelas Bang Wendy Melfa.

Ditengah kesibukannya sebagai penulis, Bang Wendy juga sebagai owner Lamban Gunung menjadikan usahanya sebagai simbol semangat dalam pelestarian budaya Lampung. Karena merupakan satu bentuk komitmen bersama untuk bagaimana mengangkat kuliner di Lampung yang enak, juga secara tidak langsung turut serta melestarikan budaya.

“Sai lapak, huwa laju. Makan kuenya enak, melestarikan budayanya jalan juga.” begitu imbuh Bang Wendy

Seperti halnya Breadtat yang melakukan inovasi terhadap Buwak Tat sebagai kue warisan budaya Lampung, dengan menyempurnakan resep agar lebih enak, lembut, estetik dan memiliki segudang manfaat. Sehingga Breadtat menjadi produk yang dapat diterima banyak orang sekaligus membanggakan Lampung.

“Jadi kalau menikmati kue-kue khas yang memang bagian dari budaya adat istiadat lampung, itu juga bukan hanya soal menikmati kuenya, atau menghargai usaha UMKM-nya, tapi juga bagian dari rasa cinta terhadap budaya,” begitulah Wendy Melfa menyimpulkan. | red

Tulis Komentar Anda