Kesehatan

DESA HANURA SAMBUT HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL 2016

Kami sebagai satuan pendidikan juga mempunyai kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

IMG_20160222_082705LAMPUNG7COM, Pesawaran – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2016, SMPN 2 Pesawaran mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan dengan membersihkan sampah di sekitar Kantor Desa Hanura, Lapangan Krida Yuana, serta lingkungan pasar di wilayah desa setempat, Senin (22/02).

Kegiatan kebersihan lingkungan yang dilaksanakan oleh seluruh Keluarga Besar SMPN 2 Pesawaran yang sebelumnya adalah SMPN 1 Padang Cermin tersebut juga bekerjasama dengan Jajaran Komite SMPN 2 Pesawaran, aparatur Pemerintah Desa Hanura dan SDN 1 Hanura.

Kepala SMPN 2 Pesawaran, Hasbiyul Furqon, M,Ag mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Peduli Sampah Nasional, juga merupakan wujud keperdulian dari keluarga besar SMPN 2 Pesawaran terhadap lingkungan sekitar.

“Kami sebagai satuan pendidikan juga mempunyai kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” katanya kemarin

Menurutnya, permasalahan sampah tak bisa dianggap enteng. Sampah bisa menimbulkan bencana, seperti yang terjadi dalam tragedi longsornya sampah di Leuwi Gajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 silam. Tragedi inilah yang memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.

“Kami berharap dan mengusulkan kepada pemerintah desa yang berwenang di wilayah ini untuk dapat mengadakan kegiatan seperti ini (kebersihan lingkungan) secara rutin dengan menjalin sinerginitas bersama seluruh satuan pendidikan dan instansi-instansi yang berada di Desa Hanura ini,” tambahnya.

Sementara, Kepala Desa Hanura, Chodri Cahyadi menyambut baik adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, adanya gagasan kegiatan kebersihan lingkungan yang dicanangkan oleh SMPN 2 tersebut patut di apresiasi dan dapat dijadikan contoh oleh satuan pendidikan dan instansi yang berada di wilayah Desa Hanura.

“Masalah kebersihan lingkungan, terutama tentang sampah ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Kebersihan lingkungan dapat mencegah ancaman penyakit dan terjadinya bencana,” ujar Chodri.

Kedepan, lanjut Chodri, pihak pemerintah Desa Hanura menyambut baik usulan dari pihak SMPN 2 Pesawaran untuk mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan secara rutin. Hal ini sangat penting karena dapat mendorong perilaku masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Akan kita agendakan gerakan kebersihan lingkungan secara rutin dengan menggandeng satuan pendidikan dan instansi terkait di wilayah ini,” tegas Chodri.

Hal senada disampaikan Ketua Komite SMPN 2 Pesawaran, Palgunadi Mardiman, pihaknya sangat mendukung baik adanya kegiatan tersebut. Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2016 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menggerakan seluruh lapisan masyarakat dan instansi-instansi pemerintah untuk terus menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami sangat mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini, terutama kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak baik dan manfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Laporan Zaini/Hendri.

Tulis Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.